Selalu Setia Memberikan Informasi Yang Terbaik

Selalu Setia Memberikan Informasi Yang Terbaik

Strategi Menentukan Pilihan Program Studi Pertama dan Kedua di SBMPTN 2020

sumber: siedoo.com

Tes UTBK sesuai jadwal akan segera dilaksanakan. UTBK merupakan tes kompetensi bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri (PTN). Ujian ini wajib diikuti oleh peserta jalur SBMPTN dan Jalur Mandiri. Nah untuk mendaftar di SBMPTN 2020, Anda diberikan kesempatan untuk menentukan 2 pilihan jurusan. Kesempatan yang seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya ini jangan sampai Anda sia-siakan karena salah memilih ya. Anda perlu strategi dalam menentukan pilihan 1 dan 2 di SBMPTN 2020, agar kesempatanmu untuk diterima menjadi lebih besar. Ketahui peraturan terkait pilihan prodi SBMPTN 2020

Pada SBMPTN 2020 ini, Anda hanya diperbolehkan memilih DUA PRODI dalam DUA PTN (boleh berbeda atau sama). Supaya nggak salah pilih, simak baik-baik ketentuan pemilihan prodi SBMPTN 2019 berikut ini:

Apabila Anda memilih kedua prodi yang semuanya Saintek, maka Anda mengikuti kelompok ujian Saintek

Apabila Anda memilih kedua prodi yang semuanya Soshum, maka Anda mengikuti kelompok ujian Soshum

Apabila Anda memilih prodi Saintek dan Soshum, maka Anda mengikuti kelompok ujian Saintek dan kelompok ujian Soshum

Pilihan PTN bebas dan nggak harus satu lokasi atau se-provinsi dengan asal sekolah atau tempat tes Anda. Urutan pemilihan prodi nantinya akan menandakan prioritas pilihan. Prodi pilihan 1 adalah prioritas utama. Jika tidak lolos, Anda baru akan diseleksi untuk prodi pilihan 2. jadi, jangan sampai salah meletakkan pilihan ya. Hasil UTBK SBMPTN 2020 akan disampaikan secara online kepada individu setelah sepuluh hari dari peserta melakukan tes.

Pahami peta persaingannya
Pastinya Anda sudah punya ‘kan beberapa pilihan prodi yang mantap Anda pilih? Untuk menentukan pilihan pertama dan kedua, Anda harus membedah peta persaingan prodi pilihanmu. Pilihan pertama menunjukkan prioritas utama Anda. Nah, dalam menentukan pilihan ini Anda harus rasional. Jangan menempatkan prodi dengan kriteria kelulusan skor tinggi di bawah prodi yang skor lulusnya relatif lebih rendah. Contohnya, tempatkan Komunikasi Universitas Indonesia di pilihan 1 yang memiliki skor lebih tinggi, dan tempatkan Sastra Inggris Universitas Indonesia di pilihan 2.
Lihat daya tampung SBMPTN 2020 dan Peminat 2019

Anda harus melihat daya tampung prodi yang dituju pada SBMPTN 2020. Siapa tahu ada pengurangan atau penambahan kuota dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian, lihat juga peminat prodi tersebut di SBMPTN 2019. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi keketatan persaingan di 2019 dengan membandingkan jumlah pemilih dan kursi yang tersedia.

Banyaknya peminat bukan jaminan prodi tersebut paling sulit untuk ditembus. Jumlah ini hanya memperlihatkan banyaknya jumlah pesaing. Pemilihnya juga bisa saja memilih prodi tersebut di pilihan 1 atau 2. Misalnya, jurusan A mempunyai banyak pemilih di SBMPTN 2018, namun ternyata kebanyakan pemilih menempatkan jurusan A di pilihan 2 dan 3. Sedangkan jurusan B memiliki peminat yang tidak terlalu banyak, namun memiliki pemilih dengan skor yang tinggi. Maka, dibutuhkan skor tinggi untuk Anda bisa memenangkan persaingan masuk prodi tersebut.

Tidak ada passing grade resmi yang dikeluarkan oleh setiap prodi di PTN, semua hanyalah perkiraan. Batas nilai untuk bisa lulus di SBMPTN dapat berubah-ubah, tergantung kepada performa pesaing Anda. Jadi persiapkan dirimu untuk bisa menjadi yang terbaik.

========Selanjutnya Mohon Mengisi instrumen penilaian atau Klik di sini=========


Disarikan dari :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar