Selalu Setia Memberikan Informasi Yang Terbaik

Selalu Setia Memberikan Informasi Yang Terbaik

Cara Mengatasi Rasa Bosan Selama Social Distancing

wahanariau.com
Penyebaran  virus corona kian hari semakin bertambah banyak. Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesiaper 31 Maret 2020 ada 1.528 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 136 orang, dengan jumlah yang sembuh 81 orang.

"Kasus kematian ini adalah dari penderita konfirmasi positif covid-19 ," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya, di gedung BNPB, Jakarta, Selasa (31/3) petang.

Kasus demi kasus yang semakin bertambah tentunya akan berdampak kepada  keselamatan semua pihak sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan social distancing. Kebijakan Social distancing di keluarkan sejak tanggal 16 Maret 2020, semua aktivitas dibatasi. Terutama aktivitas pendidikan dari satuan pendidikan yang paling rendah sampai dengan perguruan tinggi di batasi dengan mengganti beraktivitas di rumah. 

Di awal-awal masa self isolation, Anda bisa saja tetap merasa senang karena bisa lebih lama berada di rumah bersama keluarga dan bekerja tanpa terkekang aturan ini itu.

Namun, lama-lama Anda akan sampai pada titik jenuh.

Bosan sendiri merupakan perasaan yang muncul saat Anda memiliki kadar energi yang tinggi tanpa tujuan pasti. Bosan juga terjadi saat Anda merasa tidak terstimulasi atau tidak puas dengan apa yang dilakukan.

Berikut beberapa cara mengatasi bosan saat menjalani social distancing.

1. Lawan rasa sepi

Ahli neurodiversity, Anna Granta mengatakan, bisa merupakan inti dari rasa kesepian. Cara terbaik untuk melawan rasa sepi adalah dengan bersandar pada hubungan terbaik dan terdalam dengan pasangan, sahabat, atau keluarga.

2. Latihan kesadaran

Sisi lain dari bosan adalah cemas. Granta berkata, seseorang takut jadi bosan karena tak ada sesuatu hal yang bisa dijadikan pengalihan.

3. Menerima rasa bosan

Alih-alih mencari cara melepas bosan, Anda lebih baik untuk menerima perasaan tersebut. Rasa frustasi lambat laun akan berubah menjadi sesuatu yang lebih menenangkan dan bisa diterima.

4. Ubah pola pikir

"Rasa bosan akan terasa lebih baik jika Anda mengubah pola berpikir Anda," kata Case.Tak masalah jika seseorang duduk diam tanpa melakukan apapun. Rasa bosan itu alami. Rasa bosan akan terasa tak nyaman di masa-masa awal. Daripada melawan bosan, lebih baik jika Anda memunculkan rasa ingin tahu tentang kebosanan itu sendiri.

5. Membaca Buku
Membaca buku adalah salah satu hobi atau kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Manfaat membaca buku ini sangat penting dan dapat menambah wawasan ilmu dan juga menghapus rasa bosan.

6. Mengasah Kemampuan.
Melakukan aktifitas-aktifitas yang menambah ketrampilan. mengembangkan hobi bisa saja mengurangi tingkat stres.

7. Menjaga Kesehatan dan Berolah raga ringan.

Berolah raga ringan, melakukan aktifitas ringan di dalam rumah. Aktifitas ini tentunya akan mampu menghilangkan kejenuhan ketika selama social distancing berlangsung.


8. Membersihkan Rumah.

Beres-beres rumah adalah salah satu aktivitas paling penting untuk membersihkan kotoran yang tidak sehat guna menghindari penyakit. Biasakan memakai masker atau sarung tangan saat membersihkan kotoran di rumah yang mengandung debu atau bau. Maka seluruh rumahmu menjadi bersih dan kamu pun dapat hidup lebih sehat.

Aktifitas yang dilakukan diharapkan mampu mengurangi tingkat kebosanan yang dirasakan. Maka lakukan selagi bisa dan mampu.

========Selanjutnya silakan isi Instrumen atau Klik di sini. Terima kasih=============

Disarikan dari:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar