Selalu Setia Memberikan Informasi Yang Terbaik

Selalu Setia Memberikan Informasi Yang Terbaik

Mendidik dan Mengajar

 

1. Mendidik Menyeluruh

Pendidik dapat berupaya membangun dan menjaga lingkungan kondusif, yang lebih nyaman, menyenangkan, agar setiap murid dapat tumbuh dan berkembang sesuai kodratnya sebagai manusia.

Setiap murid memiliki kekuatan dalam dirinya dan memerlukan tuntunan orang dewasa agar murid semakin baik adabnya. Kita sebagai pendidik bertugas memberikan ruang yang luas bagi murid dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkembang. Pendidik mengusahakan kebudayaan Indonesia tetap ada dan menjadi pilar utama dalam memajukan pendidikan Nasional.

 

2. Pendidikan selama satu abad

Dulu sistem penilaian dan penghargaan terlalu berorientasi pada kecakapan kognitif. Ki Hadjar Dewantara menggagas perlunya pendidikan dengan sistem yang humanis dan transformatif dengan menjalankan sistem Among dalam pendidikan yang dikenal istilah Ing Ngarso Sung Tulodo Ing, Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani.

Bangsa ini juga memerlukan pendidikan kultural yang berdasarkan garis bangsa dan budaya, menghargai proses belajar, merayakan setiap pencapaian belajar dan mengajar sesuai kompetensi.

Sebagai pendidik kita perlu menjaga dengan cara menyambungkan antara naluri, tradisi dan kontinuitas dengan masa kebudayaan Indonesia masa lampau.

Namun bukan berarti kita harus mengabaikan budaya negara lain, kita bisa menggunakan budaya luar dengan syarat tetap menjaga nilai kebudayaan Indonesia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar