Selalu Setia Memberikan Informasi Yang Terbaik

Selalu Setia Memberikan Informasi Yang Terbaik

Belajarlah Meski Ada Wabah Virus


Berdasarkan surat Gubernur Jawa Timur nomor 420/1780/101.1/2020 perihal Peningkatan Kewaspadaan terhadap Corona Virus Disease (covid-19) di Jawa Timur yang salah satu point dari edaran itu bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada semua jenjang dan jenis pendidikan di Jawa Timur dilakukan di rumah, peserta didik masing-masing terhitung mulai tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 29 Maret 2020.Menindaklanjuti edaran dari Gubernur Jawa Timur maka Kepala SMA Negeri 1 Wringinanom selanjutnya menerbitkan surat pemberitahuan nomor 420/203/101.6.24.12/2020 kepada orang tua siswa.

SMA Negeri 1 Wringinanom sebagai salah satuan pendidikan tentunya melaksanakan perintah tersebut. Siswa diwajibkan belajar di rumah,dan tentunya kesempatan ini untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat untuk kemajuan siswa meski berada di rumah. Dalam rangka memenuhi proses layanan pembelajaran maupun bimbingan, bapak/ibu guru juga tidak tinggal diam. pembelajaran dan bimbingan yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka di kelas, mau tidak mau harus dilakaukan secara daring atau jarak jauh.

Hal ini sudah dilakukan oleh bapak/ibu guru SMA Negeri 1 Wringinanom, melalui aplikasi yang ada materi-materi pelajaran dapat dikirimkan secara online. pembelajaran online memungkinkan siswa mendapat materi sesuai dengan tingkatannya. 

Bagi siswa, kondisi semacam ini tentunya harus disikapi dengan benar. Di dalam surat pemberitahuan tersebut tidak ada himbauan atau kalimat bahwa siswa libur, namun siswa wajib belajar di rumah karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan.Siswa harus memanfaatkan waktu di rumah untuk menerima materi-materi dari Bapak/Ibu guru melalui aplikasi yang ada. Materi dan tugas yang kirimkan oleh Bapak/Ibu guru selanjutnya harus mendapat tanggapan dari siswa sebagai wujud bahwa pembelajaran online yang dilakukan tersebut berjalan dengan baik.

Bimbingan konseling SMA Negeri 1 Wringinanom memliki peran penting mendukung pemebelajaran daring atau online, meski tidak memberikan materi secara terjadwal di kelas tapi upaya memberikan motivasi kepada siswa tidak terbatas oleh ruang dan waktu. motivasi yang diberikan Bimingan konseling SMA N 1 Wringianom kepada siswa dapat melalui media yang sudah dipersiapkan. Banyak mendia yang sangat membantu seoarang guru mata pelajaran dan guru bimbingan konseling dalam memberukan layanannya. 

Pesan kami kepada seluruh siswa SMA Negeri 1 Wringinan di rumah, tetaplah belajar meski anda tidak berada di sekolah. Di rumah anda dapat melakukan aktifitas sehari-sehari sambil memantau kiriman dari bapak ibu guru.

Maka bagaimana anda bisa belajar di rumah  tetap efektif seperti di sekolah?

1. Buat “sudut belajar” versimu sendiri

Anda bisa membuat suasana belajar menyenangkan dengan versi,mu sendiri. caranya bagaimana; ubahlah tempat di rumahmu menjadi sudut belajar yang menarik atau yang biasanya anda belajar di dalam kamar, pindah tempat menjadi pilihan yang terbaik mengubah suasana jenu.

2. Belajar kelompok secara online

Kalau biasanya kamu senang belajar kelompok di rumah, nggak ada salahnya tetap dilakukan, tapi secara online. Bisa dengan video call atau telpon, bahkan bisa juga melakukan conference call jika jumlah temanmu lebih dari satu orang. Kamu jadi tetap bisa berinteraksi 'kan dengan teman sekolah?  

3. Siapkan makanan ringan

Supaya kamu tidak cepat mengantuk, mengunyah cukup disarankan untuk menjaga kamu tetap fokus. Tapi jangan jadi sibuk makan melulu ya! Usahakan konsumsi camilan yang bergizi untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terserang virus. Camilan yang bisa kamu konsumsi contohnya buah-buahan, kacang-kacangan, dark chocolate, keju, dan yogurt. Yummy!

4. Manfaatkan fasilitas belajar online gratis.

Saat ini ada fasilitas belajar online gratis, baik dari pemrintah maupun swasta atau lembaga mandiri.

5. Pastikan alat tulis dan gadget selalu dalam keadaan bersih.

virus corona dapat menular lewat cairan tubuh seperti keringat. Sangat mungkin kita bisa tertular dari virus corona yang menempel pada benda-benda seperti alat tulis, mouse, hingga gadget. Apalagi jika kamu sharing dengan orang lain saat menggunakan benda-benda tersebut. Sebaiknya semprotkan desinfektan dulu sebelum kamu gunakan dan selalu cuci tangan setiap selesai menggunan.

Maka tetaplah belajar, buatlah belajar anda menyenangkan meskipun anda tidak bertemu bapak/ibu guru di sekolah. Tetap semangat. 

SMA.NEW!!!!!!BERSINAR ==== BERSIH SEHAT INDAH RAMAH ANAK

Selanjutnya mohon tanggapan diisi Disini (Tanggapan wajib diisi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar