A. Pengertian Minat
Dalam bahasa
Inggris minat dikenal dengan kata “interest”. Pada umumnya,
minat merupakan ketertarikan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas
tertentu. Hal ini berarti minat seseorang bermacam-macam.
Ada beberapa
siswa berminat melakukan aktivitas belajar kelompok, dan ada pula siswa yang
berminat belajar mandiri. Minat merupakan dorongan atau keinginan dalam diri
seseorang pada objek tertentu. Minat dapat didefinisikan sebagai suatu sikap (attitude) atau perasaan senang (feeling) pada suatu objek tertentu (Savickas dan Spokene,
1999). Sebagai contoh, seorang siswa yang berminat melakukan belajar kelompok,
ia menyenangi kegiatan belajar kelompok, sehingga dirinya terlibat penuh dalam
melakukan aktivitas belajar kelompok tersebut. Jadi inti dari pengertian ini
mencakup dua hal yaitu, minat dinyatakan sebagai sikap atau perasaan yang
dirasakan sebagai sesuatu yang menyenangkan, dan minat memicu seseorang untuk
menganggap suatu objek tertentu sebagai suatu hal yang penting.
Menurut
Stiggins menyatakan bahwa minat merupakan salah satu dimensi dari aspek afektif
yang banyak berperan dalam kehidupan seseorang. Aspek afektif adalah aspek yang
mengidentifikasi dimensidimensi perasaan dari keadaan emosi, disposisi dan
kehendak yang mempengaruhi pikiran dan tindakan seseorang. Dimensi afektif ini mencakup
tiga hal penting yaitu 1) berhubungan dengan perasaan mengenai obyek yang
berbeda, 2) perasaan-perasaam tersebut memiliki arah yang dimulai dari titik
netral ke kubu yang berlawanan, tidak positif dan tidak negatif, 3) berbagai
perasaan yang memiliki intensitas yang berbeda, dari kuat ke sedang ke lemah.
Menurut
(Guilford) minat adalah kecenderungan tingkah laku umum seseorang untuk
tertarik kepada sekelompok hal tertentu. Sedangkan 2 Informasi Karier menurut
Strong, minat didefinisikan sebagai suatu konstruksi yang berisi empat hal,
yaitu 1) adanya perhatian yang kuat, 2) adanya perasaan menyukai suatu objek,
3) terarah pada suatu objek, dan 4) adanya aktivitas ketertarikan melakukan
suatu objek tersebut.
Berdasarkan
pendapat para ahli, dapat disimpulkan bahwa minat adalah suatu sikap seseorang
tertarik pada suatu objek dan disertai dengan adanya perhatian, perasaan senang
dan keterlibatan pada suatu objek tersebut. Contohnya seorang siswa memiliki
minat pada kegiatan seni, ia menunjukkan perhatian, merasa senang dan
melibatkan diri pada kegiatan seni tersebut.
B. Elemen Minat
Menurut
Woodworth, yaitu 1) kognisi, 2) afeksi, 3) konasi dan 4) tingkah laku. Kognisi
merupakan suatu komponen minat pertama yang ditandai dengan adanya pehatian
atau atensi subjek pada suatu aktivitas. Siswa yang berminat pada suatu
kegiatan atau aktivitas di sekolah, mereka akan menunjukkan perhatian atau
atensi pada kegiatan yang diminati tersebut.
Afeksi sebagai
komponen minat kedua yang terwujud dengan adanya perasaan senang terhadap suatu
kegiatan atau aktivitas yang diminati. Siswa yang berminat pada suatu kegiatan
di sekolah, mereka akan menyenangi aktivitas atau kegiatan yang diminati
tersebut.
Konasi sebagai
komponen minat yang ketiga yang terwujud dalam bentuk adanya suatu kehendak
pada kegiatan atau aktivitas yang diminati. Siswa yang berminat pada suatu
kegiatan atau aktivitas di sekolah, mereka akan menunjukkan kehendak pada
kegiatan atau aktivitas tersebut.
Perilaku atau
tindakan merupakan komponen minat yang keempat terwujud dengan adanya tindakan
melakukan kegiatan yang diminati tersebut. Siswa yang berminat pada kegiatan di
sekolah, mereka akan melakukan aktivitas atau kegiatan yang diminati tersebut.
C. Ragam Minat
Minat (interst) yang dimiliki siswa merupakan suatu potensi yang terarah
pada satu atau lebih kegiatan atau aktivitas. Di sekolah, setiap siswa
cenderung memiliki minat pada sustu aktivitas tertentu.
Pada umumnya
kegiatan siswa di sekolah dapat dikelompokkan menjadi dua kegiatan, yaitu
kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler. Kegiatan intra kurikuler
mencakup pembelajaran, praktikum, praktik kerja lapangan dan ujian. Sedangkan
kegiatan ekstra kurikuler mencakup kegiatan karya ilmiah remaja (KIR) pramuka,
olah raga dan lain sebagainya.
Ragam minat
siswa dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu :
1. Minat pada
bidang intra kurikuler,
2. Minat pada
kegiatan ekstra kurikuler,
3. Minat pada
bidang kegiatan karier atau minat karier.
Menurut
pandangan Holland, baik pekerjaan maupun minat kerja strusktur yang di susun
menurut model RIASEC yang memudahkan individu untuk menemukan pekerjaan yang
sesuai, (Holland, 1996). Holland juga menambahkan bahwa teori minat kejuruan
adalah model paling empiris, teori tersebut menyatakan bahwa orang-orang di
budaya lain dapat melakukan sesuai yang dijelaskan dalam enam jenis tipe kepribadian
realistik, investigasi, artistik, sosial, enterprising, dan konvensional
(tipologi RIASEC). Setiap jenis tipe kepribadian di tandai oleh konsistensi
minat, aktivitas, keyakinan, kemampuan, nilai, dan karakteristik yang disukai.
Yang terpenting dalam teorinya holland menegaskan bahwa individu mencari dan
memasuki lingkungan kerja yang memungkinkan individu tersebut melatih
keterampilan dan kemampuan mereka, (Holland, 1997).
Dalam
pandangan Holland pemilihan dan penyelarasan karir merupakan suatu kepanjangan
dari kepribadian seseorang, manusia mengekspresikan diri, minat, nilai-nilai
mereka melalui pilihan pekerjaan
World of Work Map menggolongkan pekerjaan kedalam
eman bagian, hal tersebut sesuai dengan John Holland’s six occupational types. Yang mempunyai 12 wilayah dan
26 career area dan
menunjukkan ketertarikan antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain
sesuai tugas pokok. Proses menentukan career area individu
berdasarkan atas tugas pokoknya dan menggunakan apakah individu melakukan pekerjaannya.
Dasar yang terakhir dalam World of Work Map
dibagi empat, yaitu:
1. Data : facts, numbers, files, business procedures. Berhubungan dengan data seperti
fakta, catatan aktivitas, angka numerik, file, prosedur kegiatan.
2. Ideas : knowledge, insight, theories, new ways of saying or doing something. Berhubungan
dengan ide seperti pengetahuan, teori, wawasan, pandangan, dan pemikiran.
3. People : care, services, leadership, sales. Berhubungan
dengan orang seperti pelayanan, perhatian, kepemimpinan, dan penjualan.
4. Things : machines, tools, living things, materials such as food, wood, metal. Berhubungan
dengan benda seperti mesin, alat, perlengkapan, material.
Menurut Holland, minat karier seseorang terdiri dari enam bidang, yaitu bidang 1) realistis, 2) investigative, 3) artistic, 4) sosial, 5) enterprising, dan 6) conventional. Rincian dari bidang karier, sebagai berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar